Ini Dia 4 Manfaat Font untuk Personal Branding hingga Branding Bisnis!

Tipografi adalah seni mengatur teks agar pesan yang ingin kamu sampaikan lebih tepat dan jelas kepada pembaca. Dalam seni ini, salah satu elemen yang penting adalah  Font.


Tipografi Font memiliki banyak manfaat untuk brand bisnismu, tidak percaya? Ini dia 4 manfaat font yang bisa kamu dapatkan untuk branding bisnismu!


1. Menonjolkan keunikan brand-mu

Umumnya, hal yang pertama kali audiens liat dari brand-mu adalah teks dari konten yang kamu buat, entah itu konten digital seperti konten Instagram ataupun yang konvensional seperti baliho.


Dalam teks dari konten tadi, yang pertama dilihat adalah bentuk dari font-nya. Maka dari itu, font sangat penting dalam branding-mu.


Ketika font yang kamu gunakan itu unik dan bisa menggambarkan brand-mu dengan baik, maka audience akan tahu bagaimana keunikan dari brand milikmu. 


Saran saya jangan gunakan font yang bisa digunakan oleh semua orang. tidak masalah mengeluarkan uang kita untuk hal ini, jatuh-jatuhnya akan tetap menjadi investasi untuk kedepannya karena dengan font ini, branding bisnis/personal branding-mu akan lebih bisa menonjolkan keunikannya.


2. Menunjukan Profesionalitas

Dengan memiliki font sendiri, maka bisnis/personal branding-mu akan terlihat lebih profesional, dikarenakan kesan yang akan timbul kalau kamu orang yang memperhatikan segala aspek.


Hal itu akan menjadi alasan  orang lebih senang dan berkeinginan untuk bekerja denganmu. Jangan sampai karena tidak memperhatikan dan asal pakai font berbeda-beda tiap konten.


Secara tidak langsung, kamu menunjukkan sifat inkonsistensi dari dirimu 


3. Mencerminkan Identitas Brand

Tipografi Font yang baik akan memberikan kesan yang baik pula untuk audience


Ketika font yang kamu gunakan sesuai dengan persona yang kamu coba bangun, maka kamu lebih mudah menyampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada audiensmu.


4. Menentukan value

Kamu bisa menjelaskan kepada audience, value yang kamu miliki lewat font yang kamu gunakan.


Misalnya kamu mau menyampaikan branding bisnis/personal branding-mu sebagai seseorang yang profesional dan elegan dengan target audience adalah orang yang berumur 30 tahun ke atas. 


Maka gunakanlah font yang menggambarkan itu, jangan memakai font yang kesannya buat anak-anak dengan nuansa yang fun atau bahkan childish.


4 poin diatas menjadi alasan kenapa bisnis-bisnis besar memiliki fontnya masing-masing dalam menyampaikan komunikasinya kepada audience. 


Misalnya saja google yang menggunakan font β€œgoogle prodcut sans” untuk menyampaikan pesannya kepada para audience. 



Begitu pula dengan Apple dengan SF Pronya yang menampilkan kesan elegant dan simple.



Serta Baskin Robbins dengan gayanya yang ceria dan happy menggunakan font Variex Regular font.



Jika ingin menggunakan font, coba tanyakan kepada dirimu apakah memang font ini bisa menggambarkan identitas dari brand milikmu atau tidak. 


Beberapa waktu yang lalu saya dan Jetsmax studio bekerjasama membuat sebuah font yang saya beri nama Kanakira.


Saya berharap font ini bisa kamu gunakan untuk mengembangkan branding dari bisnismu atau bahkan untuk keperluan personal branding.


Font ini bernuansa elegan dan profesional. Untuk personal use kamu bisa mendapatkan font Kanakira secara cuma-cuma. Namun, untuk yang bersifat komersial tentu saja ada harga yang harus dibayarkan.


Kamu bisa mendapatkan font Kanakira di website Jetsmax studio, klik link dibawah untuk mendapatkannya!



Leave a Comment